Selasa, 23 Oktober 2012

Dasar Sistem Komputer

Dari Bit ke Informasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (Binary Digit), berupa0 dan 1.Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilaah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 atau 1 dinyatakan dalam sistem komputer dengan metode saklar yang hanya mengenal keadaan hidup atau mati. Kenyataan hidup menyatakan nilai 1 dan keadaan mati menyatakan nilai 0.
Secara internal komputerlah yang mengubah bentuk representasi manusia ke dalam sitem biner dan selanjutnya komputer menyajikan informasi dalam bentuk simbol-simbol yang biasa digunakan manusia.

Pemakai mengetikan 1+2 = |-----> Komputer mengonversinya ke sistem biner dan melakukan perhitungan |-----> Komputer mengonversikan hasil perhitungan dalam bentuk biner ke bentuk yang dipahami manusia |----->Pemakai melihat hasil perhitungan berupa 3

Satuan Data
Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Di atas satuan ini terdapat berbagai satuan lainnya.

8 bit = 1 Byte
1 KB (Kilobyte) = 1024 Byte
1 MB (Megabyte) = 1024 KB
1 GB (Gigabyte) = 1024 MB
1 TB (Terabyte) = 1024 GB
1 PB (Petabyte) = 1024 TB (Penggunaan di masa mendatang)
catatan : Kebanyakan orang terkecoh dengan penulisan huruf B (Byte) dan b (bit) untuk menentukan satuan


Satuan Waktu dan Frekuensi
Bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik.

milidetik = 1/1000 detik
mikrodetik = 1/1000.000 detik
nanodetik = 1/1000.000.000 detik
pikodetik = 1/1000.000.000.000 detik

Satuan lain yang banyak disinggung dalam sistem komputer adalah satuan untuk frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz.Frekuensi berarti jumlah siklus dalam satu detik. 1 Hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk sebuah siklus.

Sistem Pengkodean Karakter
ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute). Pada awalnya hanya menggunakan 7 bit dengan karakter yang tersedia meliputi karakter kontrol, huruf, digit, dan sejumlah simbol. Belakangan ASCII dikembangkan dengan menggunakan 8 buah bit, dengan tambahan simbol Yunani dan karakter grafis.

EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) merupakan standar yang di buat oleh IBM pada tahun 1950-an dan menggunakan 8 bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360. Standar ini diterapkan pada berbgai komputer mainframe.

Unicode
Pada standar ini sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit yang dapat mencakup 65.536 karakter. Dengan cara ini berbagai simbol dalam bahasa seperti Arab dan Cina bisa ditampung.

Konversi Sistem Biner dan Sistem Desimal
Konversi dari Sistem Biner ke Sistem Desimal
Bila mendapat bilangan 01001011 dalam sistem biner berapakah bilangan dalam desimalnya? Untuk mengetahuinya gunakan cara berikut.

2^7  |  2^6  |  2^5  |  2^4  |  2^3  |  2^2  |  2^1  |  2^0
128  |   64   |   32   |   16   |    8    |    4    |    2    |    1
   |          |          |          |          |          |          |          |
   |          |          |          |          |          |          |          |
  0         1         0         0        1         0         1         1

Untuk menentukan desimalnya tinggal menjumlahkan bilangan yang mempunyai saklar hidup atau 1. Jadi 64+8+2+1=75. Hasil konversinya adalah 01001011 biner = 75 desimal.

Konversi dari Sistem Desimal ke Sistem Biner
Untuk keadaan sebaliknya, dari sistem desimal ke sistem biner, bisa melakukan dengan cara seperti di bawah ini.

75 : 2 = 37 sisa 1
37 : 2 = 18 sisa 1
18 : 2 = 9 sisa 0
9 : 2 = 4 sisa 1
4 : 2 = 2 sisa 0
2 : 2 = 1 sisa 0
1 : 2 = 0 sisa 1

Bagian Unit Sistem
Di bawah ini terdapat gambar yang menerangkan arsitektur atau skema sebuah PC.
Skema PC

Unit Sistem berupa sebuah kotak yang disebut case atau cabinet sistem yang di dalamnya terdapat komponen-komponen.
Case dan isinya

Motherboard
Papan induk (bahasa Inggris: motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
Motherboard

Pencatu Daya
Sebuah power supply unit (PSU) mengkonversi listrik AC ke tegangan rendah diatur listrik DC untuk komponen internal komputer. Komputer pribadi modern yang universal menggunakan power supply switched-mode . Beberapa pasokan listrik memiliki pemilih manual untuk tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan suplai.
Kebanyakan desktop modern pasokan listrik komputer pribadi sesuai dengan spesifikasi ATX , yang meliputi faktor bentuk dan toleransi tegangan. Sementara power supply ATX terhubung ke pasokan listrik, selalu menyediakan 5 V siaga (5VSB) tegangan sehingga fungsi siaga pada komputer dan peripheral tertentu yang didukung. ATX pasokan listrik yang dihidupkan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard . Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan bila tegangan DC berada di spec, sehingga komputer mampu aman daya dan boot. ATX terbaru PSU standar versi 2.31 pertengahan-2008.
Power Supply

Sistem Pendingin
Pendinginan komputer diperlukan untuk menghilangkan limbah panas yang dihasilkan oleh komponen komputer , untuk menjaga komponen dalam diperbolehkan temperatur operasi batas.
Komponen yang rentan terhadap kerusakan atau kegagalan sementara permanen jika terlalu panas meliputi sirkuit terpadu seperti CPU , chipset , kartu grafis , dan hard disk drive .
Komponen sering dirancang untuk menghasilkan panas sesedikit mungkin, dan komputer dan sistem operasi dapat dirancang untuk mengurangi konsumsi daya dan pemanasan konsekuen sesuai dengan beban kerja, namun lebih panas masih dapat dihasilkan daripada yang dapat dihapus tanpa memperhatikan pendinginan. Penggunaan heatsink didinginkan oleh aliran udara mengurangi kenaikan suhu yang dihasilkan oleh sejumlah tertentu panas. Perhatian terhadap pola aliran udara dapat mencegah perkembangan hotspot. penggemar komputer sangat banyak digunakan untuk mengurangi suhu dengan secara aktif melelahkan udara panas. Ada juga teknik yang lebih eksotis dan ekstrim, seperti pendingin cair.
Banyak komputer yang dirancang untuk membunyikan alarm atau mematikan jika tertentu suhu internal kritis melebihi batas yang ditentukan.
Pendinginan dapat dirancang untuk mengurangi suhu lingkungan dalam kasus misalnya komputer dengan melelahkan udara panas, atau untuk mendinginkan komponen tunggal atau area kecil (pendingin spot). Komponen umumnya individual didinginkan termasuk CPU , GPU dan northbridge chip.
CPU Fan

Bus
Dalam arsitektur komputer, sebuah bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.
Bus komputer awal merupakan bus listrik paralel dengan banyak hubungan, tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi logika yang sama dengan sebuah bus listrik paralel, dan dapat dihubungkan dengan kabel dalam sebuah topologi multidrop atau daisy chain atau dihubungkan oleh hub switch, seperti dalam kasus bus USB.
Bus

Bus I/O
System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.
Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.
Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI Express.
Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut :

Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport bus, dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.

Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.

Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).

Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)

Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)

Bus ISA (Industry Standard Architecture)

Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)

Bus MCA (Micro Channel Architecture)

Bus SCSI (Small Computer System Interface). Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar.

Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.

Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.

Port

Port Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik.
Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play (bukan lagi Plug and Pray). Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus berkecepatan tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB :
Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps (bahkan untuk versi terbaru, bisa mencapai kecepatan 480 mbps!)
Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
Diterima secara luas, baik dari sisi hardware, software (baca: sistem operasi), ataupun pengguna
Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh.

Port USB
Port Paralel
Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, maka port ini juga disebut dengan Centronics port. Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

Port Paralel
Port Serial
Dalam komputasi, sebuah serial port adalah serial komunikasi melalui antart muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.

Port Serial
Port PS/2
PS/2 konektor digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer. Namanya berasal dari IBM Personal System / 2 rangkaian komputer pribadi, yang telah diperkenalkan pada tahun 1987. Yang PS / 2 mouse Konektor umumnya menggantikan tua DE-9 RS-232 “serial mouse” konektor, sementara keyboard konektor diganti dengan yang lebih besar 5-pin DIN yang digunakan dalam IBM PC / AT desain. Yang PS / 2 mouse dan keyboard antarmuka yang mirip elektrik dan mempekerjakan protokol komunikasi yang sama. Namun, suatu sistem keyboard dan mouse port mungkin tidak yg dpt sejak dua perangkat yang berbeda menggunakan sekumpulan perintah. Mengikuti rilis USB keyboard, PS / 2 keyboard dan mouse menjadi kurang populer.

Port PS/2
Port VGA
Kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA adalah hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat.

Port VGA

Processor
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Processor

Sejarah Singkat Processor
Mikroprosesor  yang pertama kali diciptakan  yaitu intel 4004 , yang diperkenalkan pada tahun 1971. Prosesor ini sangat sederhana , hanya bisa melakukan operasi sebesar  4 bit pre waktu. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik portabel. 
Mikroprosesor yang pertama kali digunakan untuk komputer rumah adalah intel 8080 yang diperkanalkan pertama kali pada tahun 1074. Prosesor ini berukuran 8 bit. Digunakan pertama kali pada kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan  pada tahun 1975 inilah yanh dianggap sebagai cikal bakal komputer personal yang pertama. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang  diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Komputer ini menggunakan prosesor intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979.
Mikroprosesor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosesor-prosesor yang digunakan sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8088 , 80286 , 80386 , 80468 , Pentium , Pentium II , Pentium III , dan Pentium IV. Sebagai bahan perbandingan , prosesor pentium IV mempunyai kecepatan 5000 kali lebih cepat dari pada prosesor 8088.


Hal yang harus diketaahui tentang tabel di atas :

  • Tahun menyatakan tahun saat prosesor  dirilis yang pertama kali. Perlu diketahui, umunya prosesor dengan nama yang sama dikembangkan beberapa kali. Sebagai contoh, kecepatan Pentium IV ketika pertama kali dipiblikasikan adalah 1,5 GHz , tetapi pada akhir tahun 2002 telah mencapai di atas 2 GHz.
  • Transistor menyatakan jumlah transistor yang terkandung dalam sebuah cip.
  • Kecepatan clock menyatakan jumlah pulsa yang dapat dibangkitkan oleh clock yang memicu prosesor.Lebar data menyatakan lebar dari ALU (bagian dalam prosesoryang menangani pemrosesan aritmetik dan logika).
  • MPIS (Millions of instruction per second) menyatakan jumlah jutaan intruksi per detik yang dapat ditangani oleh prosesor
Aneka Processor
Intel, adalah sebuah processor mikro buatan dari intel corporation yang sering digunakan pada CPU pada banyak komputer pribadi.pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan banyak versi yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya.
Keunggulan Intel yakni lebih tahan lama/tidak cepat panas, intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti office bukan untuk game.
Processor intel antara lain sbb:
Intel pentium III, processor ini kompatibla dengan semua aplkasi yang dinstal pada DOS, Windows, OS/2, dan Linuk. Kecepatan maksimumnya mencapai 1.4 GHz.
Intel pentium IV, adalah mikroprosesor yang dibuat oleh intel corp. yang dirilis pada November 2000. Kecepatanya 20X lebih cepat dari Intel pentium III.
Intel Core 2 Duo, processor ini dikeluarkan oleh Intel pada Juli tahun 2006.processor ini terbukti lebih efisien dibanding versi yang sebelumnya. Kecepatnya sampai 2.4 GHz.
Intel Core 2 Quad, processor ini merupakan penggabungan dari 2 processor Core 2 Duo ber-cache L2 4 MB, sehingga core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB(2x4 MB). 
Intel i7, pada processor ini memory controller terletak pada pudat processor itu sendiri. Fitur lainya adalah penambahan SSE4 pada instruction set, sehingga kinerja processor multimedia menjadi lebih baik.

Processor Intel Core i7

AMD, adalah sebuah mikroprosesor terbesar kedua didunia setelah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam perkembangan processor dalam dunia internasional.  
keunggulan AMD dibandingkan processor lain.
Hyper Transport Teknologi penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang diantar lebih banyak karena lalu lintasnya lebih cepat.
Enhanced Virus protection (EVP), teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga komputer lebih terproteksi lebih aman. 
AMD 64 technology,teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64bit.
Macam processor AMD :
  • AMD phenom II processor
  • AMD sempron processor 
  • AMD anthlon II processor in-a-box 
  • AMD anthlonx2 dual-core-processor 
  • AMD A-series in-a-box
AMD Athlon

Cyrix, adalah sebuah mikroprocessor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson, Texas sebagai pemasok spesialis performa tinggi matematika coproprocessor untuk 286 dan 386 mikroprocessor.
Generasi cyrix antara lain :
  • Cyrix 486SLC, bekerja internal 32bit,eksternal 16bit dan RAM 16mb
  • Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 Mhz
  • Cyrix 6x86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
  • Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 Mhz
  • Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz
Namun pada perkembanganya Cyrix processor kalah bersaing dengan AMD dan Intel Processor.


Cara Kerja Processor
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.


CPU Superskalar
Sebuah superscalar CPU arsitektur menerapkan suatu bentuk paralelisme yang disebut paralelisme instruksi tingkat dalam satu prosesor. Karena itu memungkinkan CPU lebih cepat throughput yang daripada yang akan mungkin diberikan pada clock rate . Sebuah prosesor superscalar melaksanakan lebih dari satu instruksi selama satu siklus clock oleh sekaligus mengirim beberapa instruksi untuk unit fungsional berlebihan pada prosesor. Setiap unit fungsional tidak terpisah CPU inti, tetapi sebuah sumber eksekusi dalam satu CPU seperti unit aritmatika logika , shifter sedikit, atau multiplier .
Dalam taksonomi Flynn , prosesor superscalar single-core diklasifikasikan sebagai SISD prosesor (Instruksi Single, Single Data), sementara multi-core prosesor superscalar diklasifikasikan sebagai MIMD prosesor (Instruksi Beberapa, Beberapa data).
Sementara superscalar CPU biasanya juga pipelined , pipelining dan arsitektur superscalar dianggap teknik peningkatan kinerja yang berbeda.
Teknik superscalar yang secara tradisional terkait dengan mengidentifikasi beberapa karakteristik (dalam inti CPU yang diberikan):
  • Instruksi yang dikeluarkan dari aliran instruksi berurutan
  • Hardware CPU dinamis untuk memeriksa dependensi data antara petunjuk pada saat run (versus perangkat lunak memeriksa di waktu kompilasi )
  • CPU menerima beberapa instruksi per clock cycle

Multiprocessor
Multipengolahan (Bahasa Inggris:Multiprocessing) adalah istilah teknologi informasi yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.
Multipengolahan' juga kadang merujuk kepada kemampuan eksekusi terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara serentak, jika dibandingkan dengan sebuah proses dalam satu waktu, meski istilah multiprogramming lebih sesuai untuk konsep ini. Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras (dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus), sementara multiprogramming sering digunakan dalam perangkat lunak. Sebuah sistem mungkin dapat memiliki dua kemampuan tersebut, salah satu di antaranya, atau tidak sama sekali.
Multipengolahan dibagi ke dalam beberapa kelas, yakni:
Berdasarkan simetrinya, multiprocessing dapat dibagi ke dalam
  1. Asymmetric Multiprocessing (ASMP)
  2. Symmetric Multiprocessing (SMP)
  3. Non-uniform memory access (NUMA) multiprocessing
  4. Clustering
Berdasarkan jumlah instruksi dan datanya, dapat dibagi ke dalam (lihat Taksonomi Flynn)
  1. SISD (Single Instruction on Single Data Stream)
  2. SIMD (Single Instruction on Multiple Data Stream)
  3. MISD (Multiple Instruction on Single Data Stream)
  4. MIMD (Multiple Instruction on Multiple Data Stream)
Berdasarkan kedekatan antar prosesor, dapat dibagi ke dalam
  1. Loosely coupled
  2. Thightly coupled

Sistem Fault-Tolerant
Toleransi kegagalan sistem komputer adalah sistem yang dirancang di sekitar konsep toleransi kesalahan . Pada intinya, mereka harus bisa tetap bekerja pada tingkat kepuasan di hadapan kesalahan.
Sebuah desain konseptual desain terpisah-komponen fault-tolerant komputer
Persyaratan yang paling penting dari desain dalam fault tolerant sistem komputer adalah memastikan itu benar-benar memenuhi persyaratan untuk keandalan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan model kegagalan berbagai mensimulasikan berbagai kegagalan, dan menganalisis seberapa baik sistem bereaksi. Ini model statistik yang sangat kompleks, yang melibatkan kurva probabilitas dan tingkat kesalahan tertentu, latency kurva, tingkat kesalahan, dan sejenisnya. Model yang paling sering digunakan adalah HARP, SAVE, dan SHARPE di Amerika Serikat, dan SURF atau LASS di Eropa.
Penelitian terhadap jenis toleransi yang diperlukan untuk sistem kritis melibatkan sejumlah besar pekerjaan interdisipliner. Sistem yang lebih kompleks, lebih hati-hati semua interaksi yang mungkin harus dipertimbangkan dan dipersiapkan untuk. Mengingat pentingnya bernilai tinggi sistem transportasi, utilitas umum dan militer, bidang topik yang menyentuh pada penelitian sangat luas: dapat mencakup mata pelajaran yang jelas seperti model perangkat lunak dan keandalan, atau desain hardware , untuk unsur-unsur misterius seperti stokastik model, teori grafik, logika formal atau eksklusif, pemrosesan paralel, remote transmisi data, dan banyak lagi.

Teknologi MMX
MMX sebuah teknologi yang mempunyai nama lengkap Intel MMX Technology, Banyak orang menyebut MMX ini adalah sebuah singkatan dari Multimedia Extension atau Matrix Math Extension atau di sebut juga Multiple Math Extension, meski Intel sendiri tidak menyatakan bahwa MMX adalah sebuah singkatan melainkan hanya nama platform (nama merk dagang). merupakan sebuah teknologi hasil karya dari perusahaan Intel, Teknologi ini didalamnya terdapat instruksi atau perintah-perintah kepada mikroprosesor yang berfungsi untuk membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi, terutama aplikasi multimedia, game, editor gambar, dan aplikasi lainnya.
Instruksi MMX diperkenalkan pertama kali pada prosesor Intel Pentium MMX yang dirilis tahun 1997, yang terdiri dari 57 instruksi baru yang ditambahkan. Semua instruksi tersebut merupakan instruksi yang terkumpul dalam fitur SIMD (Single Instruction Multiple Data).
Memang pada saat itu secara keseluruhan Teknologi MMX mampu meningkatkan kinerja mikroprosesor dalam aspek multimedia, baik tampilan video (grafis) maupun audio. Mendengar kabar tersebut pesaing terdekat Intel yaitu AMD Corp tanggap dengan pemunculan teknologi ini.
Walaupun dalam hal teknologi AMD memang kalah dibanding Intel. Akhirnya AMD mengeluarkan teknologi baru yang sejenis dengan MMX dan diberi nama ‘3DNow’. Teknologi 3DNow merupakan hasil dari modifikasi set instruksi MMX, tapi tetap saja teknologi MMX punya Intel lebih menarik dan banyak diminati oleh para produsen komputer sebab teknologi 3Dnow milik AMD hanya mengembangkan dari sisi integer saja, diperluas dengan peningkatan sistem perhitungan (kalkulasi) floating point. AMD memang memerlukan kalkulasi 3D dalam ruang lingkup floating point. Pada saat itu, mikroprosesor produk AMD, yaitu AMD K6 kurang menari dibandingkan Pentium II produk Intel, karena mikroprosesor AMD K6 tidak dilengkapi sistem matematik floating point yang memadai.

RAM
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Beberapa jenis RAM. Dari atas ke bawah: DIP, SIPP, SIMM 30 pin, SIMM 72 pin, DIMM, DDR DIMM

ROM
Memori hanya baca (bahasa Inggris: Read-only Memory) adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).
Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit.
Contoh ROM BIOS









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar