Jumat, 14 Desember 2012

Perangkat Lunak Aplikasi

Peran Perangkat Lunak
Komputer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak (software). Komputer bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya. Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Pengelompokkan Perangkat Lunak

Berdasarkan Fungsinya :
Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang bias dipake oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.

Perangkat lunak system (system software) kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer, seperti CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer.contoh perangkat lunak system yaitu system operasi (misalnya windows, linux dan mac).


Berdasarkan Cara Mendapatkan dan Hak Pemakaian :
Perangkat lunak komersial biasa juga disebut proprietary software adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hokum karena ada hak cipta. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hokum yang melarang seseorang menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa Izin pemegangnya.

Rentalware adalah perangkat lunak yang bias digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun.

Perangkat lunak domain-publik adalah perangkat lunak yang tdak disertai dengan hak cipta dan memungkinkan siapa saja berhak melakukan apa saja kedalam program itu.

Shareware adalah perangkat linak yang tersedia tanpa kode sumber dan bias digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dilakukan evaluasi selama masa tertentu.

Freeware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.

Istilah Versi dan Rilis

Pre-Alpha
Ketika sebuah produk masih dalam taraf Pre-alpha berarti produk tersebut masih dalam taraf pengujian. Baik berupa perancangan perangkat lunak, menganalisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak.

Alpha
Alfa adalah huruf pertama dari alfabet Yunani kuno, digunakan sebagai nomor 1. Tahap pertama memulai pengujian produk. Produk Alpha bisa tidak stabil dan dapat menyebabkan crash. Fase alfa biasanya berakhir dengan pembekuan fitur , menunjukkan bahwa tidak ada lebih banyak fitur akan ditambahkan ke produk ini. Pada saat ini, produk sudah mempunyai fitur yang lengkap. Produk ini masih dalam tahap pengujian dan belum sampai pada publik

Beta
Beta adalah huruf kedua dari alfabet Yunani kuno, digunakan sebagai nomor 2. Tujuan versi beta adlah untuk mengurangi dampak negatif bagi para pengguna. Versi beta biasanya digunakan untuk preview dalam sebuah produk. Versi beta hampir sama dengan versi alpha, cuma bedanya produk ini sudah didistribusikan ke publika. Karena memang tujuannya untuk mendapatkan bug atau celah dari produk tersebut.

Release candidate (RC)
Pada fase ini, sebuah produk mengacu pada produk akhir yang siap untuk dirilis jika tidak ada fatal bug/celah yang muncul. Perusahaan Apple mengguanakn istilah “Golden Master” dalam fase ini. Istilah gamma dan delta, terkadang digunakan untuk mengindikasikan versi yang secara substansial telah selesai, tapi masih menjalani pengujian. Sedangkan omega atau zenith digunakan untuk menunjukkan versi pengujian akhir yang diyakini bug-free (tanpa celah) dan siap untuk produksi. Sebenarnya versi RC atau Release candidate adalah produk yang siap diluncurkan tapi masih belum fix. Tapi seperti biasanya, produk release candidate ini langsung diluncurin.

Release to manufacturing atau release to marketing (RTM)
Istilah ini juga biasanya disebut going gold. Istilah yang digunakan perangkat lunak saat siap diberikan kepada pelanggan. RTM juga bisa berarti produk tersebut telah diserahkan atau dirilis ke pelanggan untuk instalasi atau distribusi sampai akhir. Istilah ini tidak mendefinisikan mekanisme pengiriman atau volume, hanya menyatakan bahwa kualitas adalah cukup untuk distribusi massa.

General availability atau general acceptance (GA)
Perusahaan Sun Microsystems and Cisco menggunakan istilah first customer shipment (FCS) dalam tahap ini. Fase ini merupakan titik di mana semua aktivitas komersialisasi yang diperlukan telah selesai dan produk telah tersedia bagi pasar umum baik melalui web atau media fisik. Versi Rilis jangka panjang / long term support (LTS) release dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu LTS release (rilis jangka panjang) dan non-LTS release (sebaliknya).

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:


  1. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
  2. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
  3. Perangkat lunak informasi kerja
  4. Perangkat lunak media dan hiburan
  5. Perangkat lunak pendidikan
  6. Perangkat lunak pengembangan media
  7. Perangkat lunak rekayasa produk

Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar